4.1
Umum
Sesuai dengan rekomendasi yang
ada dari MAN BW untuk type engine S35MC dimana mesin ini dapat mengunakan bahan
bakar dengan jenis MDO dan HFO dimana untuk pengunaan MDO hanya diperbolehkan
untuk operasi selama 12 jam Operasi mesin.
Rute kapal KM.INTERNAZIONALE ini adalah dari Surabaya – Singapore dimana dalam perancangan ini Kapal akan melakukan bunkering
di Manila dan Surabaya untuk mengisi bahan bakar. Jenis bahan bakar yang akan diisi di Surabaya
sesuai dengan Project Fuel yang ada di Pertamina adalah dengan Spefisikasi:
4.2
Storage To Settling Tank
(Transfer Sistem)
4.2.1
Storage
Tank
Untuk memenuhi kebutuhan bahan
bakar dari Surabaya-Manila container port dengan jarak 1394 Miles dengan
kecepatan service 18 Knot membutuhkan bahan bakar sebesar 132,61 Ton sehingga
untuk menyimpan bahan bakar disiapkan storage tangki yang ada di double bottom
dengan Volume 139,2 m3 yang berada pada frame 44 sampai dengan
frame 56.
4.2.2
Pipa
Transfer Pump
Untuk mentransfer bahan bakar
dari storage ke settling digunakan pipa dengan Standart JIS-71 02 15 nominal
pipe size 6 inchi Schedule 40.
4.2.3
Transfer
Pump
Jenis pompa yang dipilih adalah
dengan type pompa gear pump dengan Spesifikasi:
Type : Centrifugal Pump
Debit : 43, m3/h
Head : 20 m
Daya : 11,7 hp
4.2.4 Settling Tank
Jumlah bahan
bakar untuk keperluan harian sesuai dengan rekomendasi dari engine maker dimana
volumenya harus dapat menyuplai engine untuk 24 jam operasi jadi untuk memenuhi
kebutuhan volume sebesar 41,47 m3
4.3
Settling To
Service System (Supply System)
4.3.1 FO Pipes
Untuk memenuhi kebutuhan debit berdasarkan projeck guide
maka dipilih pipa dengan
mengunakan standart JIS-71 02 15 Schedule 40 dengan nominal diameter 6 Inch
4.3.2
Pre-heater
fo separator
Jenis
Heater yang dipilih adalah dengan mengunakan electric heater for oil dengan
Spesifikasi sebagai berikut:
Type
|
AALBORG tipe 20
|
|
kW =
|
17
|
kW
|
length =
|
850
|
mm
|
height =
|
1174
|
mm
|
4.3.3
Separator
Sesuai dengan rumus yang direkomendasikan oleh engine
maker maka maka dipih separator dengan spesifikasi sebagai berikut:
merk =
|
Alva Laval
|
|
type =
|
SU 300
|
|
Capacity =
|
2400
|
l / h
|
Volume =
|
1,8
|
m3
|
pressure =
|
2 - 6 bar
|
4.3.4
pSupply pump ( Circulation)
a) Circulation pump
Jenis pompa yang dipilih adalah
dengan type pompa gear pump dengan Spesifikasi:
Merk pompa
|
: Iron Pump
|
|||
Type
|
: ON-V 5/
vertical gear pump
|
|||
RPM
|
: 850
|
rpm
|
||
capacity
|
: 9.5
|
m3/h
|
||
Power
|
: 1.6
|
hp
|
1,17664
|
kW
|
Head
|
: 20
|
m
|
4.3.5
Service
tank
Volume serice tank sama dengan
volume settling tank dimana volume tanki untuk day tank dengan volume 13.82 m3
4.4
Auxiliary
Engine Fuel System
Sistem bahan bakar pada auxiliary
engine terintegrasi dengan system main engine. Namun hanya sebatas pada system MDO nya saja. Dari
MDO storage tank lalu ditransfer ke MDO service tank lalu didistibusikan ke
masing-masing auxiliary engine yaitu generator dengan daya 176 kW
mas mau tanya..katup type stop valve yg di gunakan di sistem bahan bakar pake butterfly apa gate valve apa globe valve??
ReplyDeletethanks