Saturday, 18 February 2012

SYSTEM LOADING AND UNLOADING



1         Umum
Bongkar muat pada Kapal container ini didesain dengan menggunakan peralatan bongkar muat berupa ship crane dengan telescopic crane. Ship crane digunakan untuk bongkar dan muat kontainer dengan kapasitas max per crane 25 ton(SWL). Tetapi kapal ini dirancang tanpa menggunakan Crane yang ada di kapal, tetapi menggunakan Port crane yang berada pada pelabuhan

2         Sistem Mekanikal
2.1 Crane sistem
Kapal ini menggunakan tidak memiliki peralatan bongkar muat
Syarat-syarat untuk mesin Derek adalah :
§ Mampu mengangkat dan menurunkan bebn dengan kecepatan tertentu.
§ Mudah mengendalikan kecepatan turun naiknya beban.
§ Dapat berhenti pada posisi yang dikehendaki dengan menggunakan kemampuan rem (brake).
§ Mudah dioperasikan meskipun tidak memerlukan keahlian dalam mempergunakan mesin-mesin modern.
Peralatan deck crane, boom, dan winch untuk keperluan bongkar muat pada sebuah kapal harus memenuhi criteria berikut :
1.       kapasitas angkut muat yang besar.
2.       pengoperasiannya tidak memerlukan banyak orang.
3.       dapat dioperasikan sewaktu-waktu dimana kondisi boom siap terpasang untuk beroperasi secara terus menerus dipelabuhan.
4.       untuk kapal tipe general semi container, sebuah deck crane harus dapat melayani palkah dengan berputar 360.

2.2 Palkah
            Tutup lubang palkah harus betul-betul kedap air dan melindungi bagian kapal dari hempasan air serta kuat untuk menahan container yang diletakkan di atasnya. Pembukaan dan penutupan palkah ini dirancang dengan kecepatan tertentu sehingga dapat memperpendek waktu bertambat kapal di pelabuhan, dengan begitu biaya untuk berlabuh dapat diminimalkan. Tutup lubang palkah tidak boleh membebani geladak dan tidak mengganggu operasi pemuatan dan pembongkaran muatan barang. Pada garis besarnya ditinjau dari dari cara kerjanya system pembukaan / penutupan lubang palkah terbagi atas 4 sistem, yaitu :
1)     Sistem pembukaan / penutupan palkah yang diangkat
2)     Sistem pembukaan / penutupan palkah yang didorong dan diatur
3)     Sistem pembukaan / penutupan palkah yang dilipat dan disandarkan
4)     Sistem pembukaan / penutupan palkah yang digulung
            Bukaan Palkah untuk kapal ini dirancang dengan menggunakan system pembukaan / penutupan palkah yang dilipat dan disandarkan. System ini dilakukan dengan cara melipat dan menarik tiap seksi tutup lubang palkah tersebut serta mengaturnya pada suatu tempat khusus. Sistem buka tutup ini menggunakan sistem hidrolis. Tiap seksi tersebut dapat dilipat apabila seksi tertutup lubang palkah itu diatur dan tak digunakan.

No comments:

Post a Comment

"Yang Copy-Paste, izin yah.! Biar berkah "
Pembaca yang baik. Setelah baca dikomeng. Budayakan Komenk Spontan.