Sunday, 1 April 2012

Kemudi Kapal




Kemudi kapal adalah suatu sistem yang berguna untuk merubah arah gerak kapal  (bermanuver) . Sistem kemudi ini terdiri dari berbagai rangkaian mulai dari mesin kemudi sampai pada alat geraknya yang berupa Rudder (daun kemudi). Sistem kemudi terdiri atas :
  1. Pesawat pengontrol
  2. Mesin Kemudi
  3. Poros kemudi
  4. Daun kemudi

Gambar 1. Mesin kemudi

Mesin kemudi di kapal transmisi geraknya secara mekanis maupun hidrolis. Untuk gambar 1 merupakan salah satu contoh mesin kemudi secara mekanis.





Daun kemudi (Rudder)
Sedangkan daun kemudi (Rudder) adalah alat untuk mengubah arah kapal yang langsung berhubungan dengan aliran fluida yang melewati lambung kapal.. Baik itu untuk kapal kecil maupun besar. Untuk kapal kayu Rudder biasanya dibuat dari bilah papan, sedangkan untuk kapal baja dibuat dari lembaran plat maupun suatu konstruksi yang ditutup plat.
Untuk rudder pada kapal kayu terlihat sperti gambar dibawah ini :
Gambar 1 Rudder pada kapal kayu

Untuk rudder pada kapal kayu hampir semuanya mempunyai model seperti pada gambar di atas.
Sedangkan pada kapal baja maupun jenis kapal lainnya mempunyai tipe yang beragam yaitu konvensional, maupun yang menyatu dengan type propulsinya.
Untuk kapal fiber maupun kapal ukuran kecil yang menggunakan motor tempel untuk rudder menjadi satu kesatuan denggan penggeraknya. Untuk kapal baja juga terdapat model rudder yang tersebut yaitu type AZIPOD (Azimuth Podded Drive Propulsion) dan Azimuth Thruster, serta ada model Voith Schneider Propeller.









                         a) AZIPOD                                        b) Azimuth Thruster   
Gambar 2 Rudder Propeller



Sedangkan model yang umumnya banyak dipakai adalah tipe konvensional. Tipe ini terdapat pada banyak jenis kapal mulai jenis kapal dagang (merchant ship) sampai ke kapal perang.







Gambar .3 Rudder

Rudder Konvensional ini dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan letak porosnya yaitu :
  1. Rudder duduk ( dengan sepatu linggi)
  2. Rudder setengah menggantung
  3. Rudder menggantung penuh
Untuk lebih jelasnya diilustrasikan dengan gambar di bawah ini

          a) tipe duduk                        b) tipe setengah                c) tipe menggantung
                                                           menggantung  
Gambar 4. Jenis-jenis rudder berdasarkan letak poros

Sedangkan bila dilihat dari jenis daun kemudi dibedakan menjadi 3 jenis  yaitu :
  1. Biasa
  2. Semi balansir
  3. Balansir
Diilustrasikan seperti gambar di bawah ini


















           
                 a) biasa                          b) Semi balansir                c) Balansir
Gambar 5. Jenis –jenis rudder berdasarkan daun kemudi
Contoh konstruksi Rudder

3 comments:

  1. Makasih ya atas informasi yang diberikan sangat bermanfaat gan...
    Salam kenal gan dari membuat Manisan kolang kaling

    ReplyDelete
  2. Bagaimana mengatasi azimut tidak bisa kasih kemudi kanan dan kiri jdi seperti look didalam. Apakah indikasi yy

    ReplyDelete

"Yang Copy-Paste, izin yah.! Biar berkah "
Pembaca yang baik. Setelah baca dikomeng. Budayakan Komenk Spontan.