Kemudi kapal adalah suatu sistem yang berguna
untuk merubah arah gerak kapal
(bermanuver) . Sistem kemudi ini terdiri dari berbagai rangkaian mulai
dari mesin kemudi sampai pada alat geraknya yang berupa Rudder (daun kemudi). Sistem kemudi terdiri atas :
- Pesawat pengontrol
- Mesin Kemudi
- Poros kemudi
- Daun kemudi
Gambar 1. Mesin kemudi
Mesin kemudi di kapal transmisi geraknya secara
mekanis maupun hidrolis. Untuk gambar 1 merupakan salah satu contoh mesin
kemudi secara mekanis.
Daun kemudi
(Rudder)
Sedangkan daun kemudi (Rudder) adalah alat untuk mengubah arah kapal yang langsung
berhubungan dengan aliran fluida yang melewati lambung kapal.. Baik itu untuk
kapal kecil maupun besar. Untuk kapal kayu Rudder
biasanya dibuat dari bilah papan, sedangkan untuk kapal baja dibuat dari
lembaran plat maupun suatu konstruksi yang ditutup plat.
Untuk rudder pada kapal kayu terlihat sperti
gambar dibawah ini :
Gambar 1 Rudder pada kapal kayu
Untuk rudder pada kapal kayu hampir
semuanya mempunyai model seperti pada gambar di atas.
Sedangkan pada kapal baja maupun jenis
kapal lainnya mempunyai tipe yang beragam yaitu konvensional, maupun yang
menyatu dengan type propulsinya.
Untuk kapal fiber maupun kapal ukuran
kecil yang menggunakan motor tempel untuk rudder menjadi satu kesatuan denggan
penggeraknya. Untuk kapal baja juga terdapat model rudder yang tersebut yaitu
type AZIPOD (Azimuth Podded Drive
Propulsion) dan Azimuth Thruster,
serta ada model Voith Schneider
Propeller.
a) AZIPOD b)
Azimuth Thruster
Gambar 2 Rudder Propeller
Sedangkan model yang umumnya banyak
dipakai adalah tipe konvensional. Tipe ini terdapat pada banyak jenis kapal
mulai jenis kapal dagang (merchant ship)
sampai ke kapal perang.
Gambar .3 Rudder
Rudder Konvensional ini dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan
letak porosnya yaitu :
- Rudder duduk ( dengan sepatu linggi)
- Rudder setengah menggantung
- Rudder menggantung penuh
Untuk lebih jelasnya diilustrasikan dengan gambar
di bawah ini
a) tipe duduk b) tipe setengah c) tipe menggantung
menggantung
Gambar 4. Jenis-jenis rudder berdasarkan letak poros
Sedangkan bila dilihat dari jenis daun kemudi dibedakan menjadi 3
jenis yaitu :
- Biasa
- Semi balansir
- Balansir
Diilustrasikan seperti gambar di bawah ini
a) biasa
b) Semi balansir c)
Balansir
Gambar 5. Jenis –jenis rudder berdasarkan daun kemudi
Contoh konstruksi Rudder
copas juga yg ini
ReplyDeleteMakasih ya atas informasi yang diberikan sangat bermanfaat gan...
ReplyDeleteSalam kenal gan dari membuat Manisan kolang kaling
Bagaimana mengatasi azimut tidak bisa kasih kemudi kanan dan kiri jdi seperti look didalam. Apakah indikasi yy
ReplyDelete