Wednesday 27 February 2013

Draft Survey Kapal


Draft Survey Kapal



Draft Survey yaitu survey yang bergantung pada muatan yang akan dilakukan proses bongkar muat sehingga akan berpengaruh pada draft kapal.




 
 - Sebelum kapal masuk dok, ABK menyerahkan daftar perbaikan yang telah dilakukan sebelumnya.

 - Setelah itu, menyerahkan lines plan kapal yang nantinya digunakan untuk menentukan ganjalan yang akan ditempatkan pada kapal serta penentuan letak side girder.

 - Setelah itu, juga disertakan data General Arrangement yang digunakan untuk penentuan tangki-tangki yang terdapat pada double bottom kapal. Hal ini dimaksudkan agar ganjalan-ganjalan tadi tidak ditempatkan pada tangki. Biasanya, ganjalan-ganjalan tersebut ditempatkan pada solid floor & watertight floor.

 - Setelah itu, dilakukan persiapan klass periodic yaitu hal yang harus dilakukan sebelum pengedokan dan harus dilakukan gas freeing.

 - Setelah itu, mulai melakukan proses pengedokan. Yang pertama dilakukan adalah tugboat akan mengaitkan tali pada kapal yang akan melakukan proses doking dan mendorongnya untuk menuju dok. Jumlah tugboat yang mendorong kapal ini ada 2 yaitu pada sisi portside dan pada sisi starboard side. Di dok, dokmaster sudah bersiap untuk memberikan arahan apakah kapal dalam posisi seimbang (ditengah) di dok sehingga kapal tidak berada pada posisi terlalu ke kiri maupun ke kanan. Pada bagian forepeak kapal, diberi tanda yang menandakan bahwa disitu merupakan batas maksimal kapal berhenti. Pada dok, juga diberi tanda yang nantinya akan di paskan dengan tanda yang ditempatkan pada kapal. Setelah kapal masuk ke dok, akan ada penyelam yang hanya memastikan ada ganjalan yang jatuh atau tidak. Setelah itu, air didalam dok dikeluarkan sehingga dapat dilakukan proses docking pada kapal.

 - Dari penjelasan secara umum proses pengedokan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, maka ada beberapa persiapan data-data kapal sebelum kapal naik dok yaitu :
 o Gambar rencana pengedokan (dock plan)
 o Gambar potongan membujur kapal atau gambar konstruksi profil
 o Gambar rencana umum
 o Gambar tangki-tangki serta lubang-lubang pada lambung kapal dibawah garis air
 o Gambar bukaan kulit

 - Selain itu ada beberapa informasi yang harus diberikan nahkoda kepada dok master yaitu :
 o Sarat kapal pada ujung haluan dan ujung buritan
 o Kemiringan arah kapal melintang
 o Letak tangki bahan bakar serta jumlah bahan bakar yang tersisa

 - Ada juga beberapa persyaratan kapal saat kapal akan naik dok yaitu :
 o Perbedaan sarat haluan dan buritan tidak boleh terlalu besar
 o Kemiringan melintang kapal diusahakan harus nol
 o Kapal harus bebas dari bahan-bahan yang mudah terbakar
 o Tangki-tangki bahan bakar dan minyak pelumas harus kosong kecuali pada tangki harian



No comments:

Post a Comment

"Yang Copy-Paste, izin yah.! Biar berkah "
Pembaca yang baik. Setelah baca dikomeng. Budayakan Komenk Spontan.