Thursday 14 February 2013

Sistem Perpipaan Produksi Minyak dan Gas, Fase pengidentifikasian daerah yang mengandung minyak ( Hidrokarbon ), Fase Eksploirasi, Fase pembangunan.


Sistem Perpipaan Produksi Minyak dan Gas


Pipa – pipa dalam offshore untuk saat ini sudah amat berperan dalam dunia industri dan  dalam dunia usaha. Sehingga perkembangan dari pemanfaatan kekayaan alam yang adapun akan  semakin berkembang seiring dengan adanya teknologi kelautan yang semakin maju dan semakin canggihnya. Sistem perpipaan ini amat berperan dalam bidang Offshore , karena berkaitan dengan kegiatan produksi  yaitu proses pengeboran minyak gan gas bumi di dasr laut . dalam proses pengeboran  atau dalam kegiatan eksploitasinya, hidrokarbon ini pada dasarnya dibagi menjadi 4 fase , Yaitu  :
1.                                                                              Mengidentifikasi daerah yang mengandung minyak /hidrokarbon.
2.                                                                              Fase  eksploirasi.
3.                                                                              Fase pembangunan
4.                                                                              Fase produksi dan transportasi.

  Fase pengidentifikasian daerah yang mengandung minyak ( Hidrokarbon )
      Pada fase ini adalah berkaitan dengan struktur geologi daerah  yang  mengandung  potential hidrokarbon. Dan biasanya fase ini  didasarkan pada proses evaluasi dari bidang  geologi . Data – data yang mendukung dalam bidang geologi , harus mengacu pada data – data yang tepat  yaitu terutama  tentang data – data bidang geofisika  daqn daqta seismik pada daerah tersebut. Sehingga dapat diketahui bahwa daerah tersebut mengandung   hidrokarbon     /minyak.

 Fase  Eksploirasi       
Langkah selanjutnya setelah ditemukan wilayah yang mengandung  hidrokarbon / minyak maka langkah selanjutnya  adalah operasi tentang eksploirasi  . Pertama – tama adalah diadakan survey  bidang geologi  dan geoteknik pada daerah yang akhirnya  pada daerah tersebut akan  ditemukan kandungan minyaknya. Setelah itu  akan segera dilakukan eksploirasi  / pengeboran  pada daerah yang mengandung hidrokarbon tersebut . Pada fase ini sangat berkaitan dengan berbagai  macam tipe Drilling rig. Dalam pemilihan drilling  Rig – nya  maka yang harus diperhatikan adalah tentang kedalaman airnya , dimana minyak dan gas  tersebut berada . Misalnya  : jack Up , digunakan pada kedalaman air yang tidak terlalu dalam . selain itu bangunan lain yang digunkan adalah adalah semi submersible , kapal pengebor minyak ( tanker ) dll.
Setelah proses pemasangan / instalansi pada bangunan lepas pantai / bangunan pengebor minyak , maka langkah selanjutnya adalah peletakan pipa didasar laut. Setelah itu  adalah pemasangan Blow – out ( alat  pengaman yang dipasang pada daerah yang yang sedikit sekali terjadi resiko  untuk terjadinya blow out, hal ini untuk menghindari terjadinya peledakan dan kebakaran di daerah sekitarnya.). karena kita tahu pada daerah sekitar pengeboran tersebut akan sangat rawan sekali terhadap kebakaran.

Fase pembangunan
Setelah semua informasi yang berkaitan tentang geologi dan geoteknik  pada daerah  yang mengandung  hidrokarbon / minyak itu dianalisa . analisa tersebut berkaitan dengan  teknik dan nilai ekonomis  maka pada daerah yang mengandung minyaknya maka akan segera dilakukan pembangunan  dan proses produksi  dari minyak tersebut akan segera dilakukan / dimulai.. Pada proses pembangunan , juga harus diperhatiakn tentang berbagai variasi  alternatif tentang berbagai  struktur bangunan laut yang akan digunakan untuk mengebor minyak tersebut. Berbagai alternatif  tersebut adalah struktur bangunan laut yang terpancang / fixed  untuk mengebor  dan untuk operasi produksi minyak. Berbagai fasilitas yang digunakan pada  proses produksi  adalah untuk permukaan dan dasar laut . Sedangkan untuk  sistem produksi di permukaan laut  adalah terdiri dari struktur yang terpancang / fixed structure  , yang dilengkapi dengan  peralatan pengeboran  dan peralata produksi . Kemudian untuk pemyaluran hasil dari proses produksi ini  yaitu berupa gas dan  minyak akan dialirkan  dari dasar laut sampai ke  atas decknya  yaitu melalui pipa –pipa.

1 comment:

"Yang Copy-Paste, izin yah.! Biar berkah "
Pembaca yang baik. Setelah baca dikomeng. Budayakan Komenk Spontan.