Wednesday, 13 February 2013

Tahanan Kapal


    Tahanan Kapal
Tenaga yang diperlukan kapal untuk melaju di air sangat tergantung bagaimana effisiensi dari system propulsinya terhadap tahananyang diterima oleh kapal. Tahanan kapal adalah fungsi yang sangat kompleks tergantung dari variabel bentuk lambung, displacement dan kecepatan. Beberapa komponen tahanan kapal yabg utama adalah :
-    Tahanan Gesek
-    Tahanan Tekanan
-    Tahanan Gelombang
-    Tahanan Tambahan di Gelombang
-    Tahanan Udara
Tahanan kapal adalah sebuah gaya fluida yang bekerja pada badan kapal yang sedemikian rupa sehingga bekerja melawan gerakan kapal. Tahanan kapal (resistance) didefinisikan sebagai :
R = ½.C.ρ. V2.S

C adalah koefisien tahanan,
V kecepatan kapal,
ρ masa jenis air laut, dan
S luas permukaan basah kapal.

Tahanan total (RT) dapat diuraikan menjadi sejumlah komponen tahanan yang diakibatkan oleh berbagai macam penyebab dan saling berinteraksi terhadap kapal. Pada sistem propulsi kapal, daya dari motor induk hingga daya yang dibutuhkan untuk mendorong kapal mengalami reduksi daya karena sistem propulsi ini mengalami beberapa kali proses transmisi tenaga. Pembagian daya pada sistem propulsi kapal dapat dilihat pada bagan berikut ini :
Ø  EHP, Effective Horse Power adalah daya yang diperlukan untuk menggerakkan kapal di air atau untuk menarik kapal dengan kecepatan V.
Ø  THP, Thrust Horse Power adalah daya yang diperlukan untuk menghasilkan gaya dorong pada bagian belakang propeller kapal.
Ø  DHP, Delivered Horse Power merupakan daya pada tabung poros baling-baling.
Ø  SHP, Shaft Horse Power merupakan daya pada poros balingbaling.
Ø  BHP, Brake Horse Power adalah daya yang keluar dari motor induk. Untuk pemilihan motor induk diperlukan Brake Horse Power saat keadaan maximum continous rating.

1 comment:

"Yang Copy-Paste, izin yah.! Biar berkah "
Pembaca yang baik. Setelah baca dikomeng. Budayakan Komenk Spontan.