Wednesday 13 February 2013

Macam – Macam Purse Seine


Macam – Macam Purse Seine



Berbagai macam purse seine dibuat disesuaikan dengan penggunaanya. Pada umumnya macam purse seine dapat dikelompokkan menjadi:
a)             Bentuk dasar jaring utama
·           Bentuk segi empat
·           Bentuk trapesium
·           Bentuk lekuk
b)             Species ikan yang ditangkap
·           Purse seine sardine
·           Purse seine tuna
·           Purse seine layang
c)             Jumlah kapal yang digunakan dalam operasional
·           Purse seine jenis satu kapal (one boats system)
·           Purse seine dengan dua kapal (two boats system)
d)            Waktu operasi yang digunakan
·           Purse seine siang
·           Purse seine malam
Berbagai macam bahan dapat digunakan untuk membuat purse seine. Secara umum berbagai macam bahan yang digunakan untuk purse seine dapat dirinci sebagai berikut :
a.                   Jaring utama.
Bahan utama yang digunakan untuk pembuatan jaring utama biasanya menggunakan nilon atau vinilon. Adapun ukuran mata jaring disesuaikan dengan jenis ikan yang ditangkap. Dimana semakin besar jenis ikan yang akan ditangkap maka akan semakin besar pula ukuran mata jaring yang digunakan.
b.                   Srampat
Srampat berfungsi melindungi bagian tepi/pinggiran jaring utama yang diikatkan pada tali ris agar bagian pinggir jaring tidak cepat rusak atau robek. Bahan srampat biasanya lebih kaku dari bahan jaring utama seperti polythylene (PE), akan tetapi kadang-kadang juga digunakan bahan yang sama dengan bahan jaring utama yaitu nilon.
c.                   Tali ris
Macam-macam tali yang termasuk dalam kelompok tali ris yaitu: tali ris atas, tali pelampung, tali ris bawah, tali pemberat, tali penguat ris atas dan tali penguat ris bawah. Tali ris biasanya menggunakan bahan kuralon (PVA) atau kadang-kadang menggunakan polyethylene dengan ukuran 8 mm -  10 mm.
d.                  Tali ring
Yang dimaksud tali ring adalah tali yang digunakan untuk menantungkan ring/cincin pada tali ris bawah. Tali ring ini kadang-kadang juga disebut tali kang yang terdiri dari tiga bentuk, yaitu : bentuk kaki tunggal, kaki ganda dan bentuk dasi. Tali kang dibuat dengan menggunakan bahan kuralon atau polyethylene.
e.                   Tali ekor
 mengumpulkan ring atau jaring bagian bawah pada waktu operasi digunakan tali kolor yang ditarik setelah jaring setelah jaring selesai dilingkarkan. Karena dengan terkumpulnya ring maka bagian bawah jaring akan terkumpul menjadi satu bagian seperti kantong. Bahan tali kolor pada umumnya mengunakan polyethena (PE), akan tetapi kadang-kadang ada juga yang menggunakan kuralon (PVA).
f.Pelampung
Pelampung berfungsi untuk mengapungkan seluruh alat ke atas permukaan air ditambah dengan kelebihan daya apung yang disebut extra buoyancy. Bahan yang digunakan untuk pelampung adalah bahan yang berat jenisnya lebih kecil dari berat jenis air laut. Bahan pelampung dari busa plastik yang keras.
g.                   Pemberat (sinker)
Agar jaring bagian bawah  cepat tenggelam waktu operasi, pada tali ris bawah perlu diberi pemberat, akan tetapi tidak boleh berlebihan karena dapat mengurangi daya apung dan membuat jarring tegang. Bahan pemberat pada umumnya menggunakan timah atau timbal (timah hitam). 
h.                   Cincin (ring)
Fungsi cincin untuk tempat lewatnya tali kolor waktu ditarik agar bagian bawah jaring dapat berkumpul. Bahan cincin biasanya dari kuningan atau tembaga. Kadang-kadang digunakan bahan besi yang dilapisi kuningan.

No comments:

Post a Comment

"Yang Copy-Paste, izin yah.! Biar berkah "
Pembaca yang baik. Setelah baca dikomeng. Budayakan Komenk Spontan.