Persyaratan
Umum Untuk Sistem Pipa Pada Struktur Bangunan Laut & kapal
Persyaratan yang harus dipenuhi dari sistem pipa pada
Struktur bangunan laut dan kapal adalah
sebagai berikut ;
1. Semua sistempipa harus dilengkapi dengan tumpuan –
tumpuan , tidak boleh menganggu termal
expansion dari pipa – pipa untuk mencegah pergeseran dan sagging /
lenturan dari pipa.
2. Semua sistem pipa harus di lengkapi dengan alat –
alat untuk mengurangi tekanan yang diakibatkan oleh termal expantion .
3. Pada tempat – tempat di mana pipa - pipa kedap air, pipa – pipa dari seluruh
sistem diatas kapal harus dilekatkan
pada dinding kedap tersebut, dengan flens yang di las .
4. Biasanya pipa tidak boleh melewati tangki bahan bakar minyak, namun jika tidak
dapat di hindarkan , sebuah terowongan
harus di sediakan dengan syarat –
syarat pipa ini harus di test dengan tekanan hidrolis setiap 2 tahun
penggunaan.
5. Hubungan pipa – pipa dengan lambung, gate
valve dan katup – katup lainnya untuk bermacam – macam tujuan harus
direncanakan sedemikian rupa
sehingga tidak terjadi perembesan air
laut ke dlam kapal dan sedapat mungkin
harus dipasang diatas pelantaian dari
ruang mesin dan ruang ketel.
6. Hubungan pipa – pipa dengan lambung yang terdapat
dibawah garis air muatan dam memiliki handle yang dapat dilepas , harus di buat
sedemikian sehingga handle itu dapat di lepas bilaman akatup tersebut tertutup.
7. Semua alat –alat pemutus hubungan harus dibuat
sedemikian , sehingga orang dapat melihat apakah terbuka atau tertutup.
8. Pipa – pipa
dan peralatan tidak boleh dilekatkan pada bulkhead kedap minyak tetapi
ini boleh dilakukan sebelum tangki itu di test.
9. Semua saluran keluar nya kotoran sedapat mungkin
di pasang pada bagian port / kiri. Tidak dianjurkan untuk memasang saluran masuk pompa pada samping yang sama
dengan bagian tadi.
10. Lubang – lubang saluran keluar harus
dibelakang saluran masuk air laut
sepanjang kapal.
11. Semua lubang
saluran masuk di samping kapal , harus ditutup dengan sebuah saringan
atau kisi – kisi untuk
mencegah masuknya kotoran dan akan menyumbat saluran – saluran dari bottom valves.
12. Perlengkapan – perlengkapan saluran masuk pada
bagian bawah kapal harus di lengkapi dengan sistem blow off / penghembusan uap air
atau udara yang mempunyai tekanan
tidak melampaui 3 kg / cm . semua
peralatan dan lubang saluran keluar yang mungkin dpat terjadi pembekuan harus
dilengkapi dengan sistempemanas uap air.
izin copas, mas. (Alumni Politeknik Negeri Sriwijaya). mks.
ReplyDelete