Wednesday, 18 April 2012

Sekoci Penolong (life boat)

-->
Sekoci Penolong (life boat)
Sekoci penolong berfungsi untuk menolong ABK dan penumpang apabila terjadi kecelakaan di kapal pada saat perlayar yang mengharuskan para ABK dan penumpang harus meninggalkan kapal. Didalam SOLAS 2004 ditentukan bahwa sekoci (life boat) harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
-          Harus cukup kuat diturunkan kedalam air dengan aman pada kondisi sarat muatan / penumpang penuh beserta perlengkapan – perlengkapan yang dibutuhkan, disamping itu harus mempunyai kekuatan sedemikian rupa sehingga mampu menahan beban penumpang 25% lebih banyak dari kapasitas ABK sesungguhnya.
-          Dilengkapi dengan tangki – tangki udara (sebagai daya apung cadangan) untuk menghindari tenggelamnya sekoci meskipun dalam keadaan terbalik.
-          Mempunyai kelincahan dan kecepatan sedemikan rupa sehingga dapat dengan cepat menghindari badan kapal yang mengalami kecelakaan.
-          Mempunyai bentuk yang sedemikian rupa sehingga dapat berlayar pada kondisi lautan yang bergelombang dan mempunyai cukup stabilitas dan lambung timbul, jika dimuati dengan penumpang dan muatan yang diijinkan.
-          Harus dapat diturunkan dengan mudah dan cepat walaupun kapal dalam kondisi miring 150.
-          Dilengkapi dengan alat yang memungkinkan penumpang yang berada diair dapat naik keatas sekoci dengan mudah.
-          Dilengkapi dengan alat – alat navigasi dan perlengkapan lainnya sebagaimana yang disyaratkan.
-          Motor harus dapat dengan mudah dihidupkan dalam kondisi apapun dan tangki bahan bakar harus cukup penuh untuk dapat berlayar selama 24 jam.
-          Motor dan kelengkapannya harus mempunyai dinding penutup untuk menjamin bahwa dalam kondisi cuaca buruk, motor harus dapat tetap bekerja dengan baik, serta dinding ini harus tahan api. Berikut ini merupakan spesifikasi dari sekoci penolong. Dari ketentuan diatas, sekoci harus mampu menahan beban 25% lebih banyak dari kapasitas penumpang sesungguhnya. Maka sekoci harus mampu menampung penumpang sebayak (25% Jumlah ABK) +  Jumlah ABK = (25% x 21) + 21 = 26 orang.
              

No comments:

Post a Comment

"Yang Copy-Paste, izin yah.! Biar berkah "
Pembaca yang baik. Setelah baca dikomeng. Budayakan Komenk Spontan.