Saturday, 7 April 2012

SISTEM PENDINGIN ( COOLING WATER SYSTEM )

-->
 SISTEM PENDINGIN ( COOLING WATER SYSTEM )

1 Umum
Sistem pendingin yang biasa digunakan ada 2 macam, yaitu :
1.             Sistem Pendingin terbuka,
Merupakan sistem pendingin yang langsung berhubungan dengan air laut. Sistem ini menggunakan air laut yang langsung masuk untuk mendinginkan komponen yang perlu untuk didinginkan.
2.             Sistem Pendinginan Tertutup,
Sistem pendingin yang menggunakan air tawar yang disirkulasikan dalam suatu sirkuit tertutup untuk mendinginkan komponen yang perlu didinginkan. Kemudian air tawar tersebut didinginkan oleh air laut, kemudian air tawar tersebut disirkulasikan kembali untuk mendinginkan komponen. Sistem ini dibagi menjadi dua yaitu:
·         Sistem independent
Yaitu, dimana air tawar yang digunakan untuk mendinginkan tiap-tiap komponen didinginkan secara terpisah, tidak bersama dalam sebuah penukar panas.
·         Sistem terpusat
Yaitu, dimana air tawar yang digunakan untuk mendinginkan komponen, dikumpulkan untuk didinginkan secara bersama, dalam sebuah heat exchanger.
Sistem pendingin ini didesain dengan hanya mempunyai satu heat exchanger yang didinginkan dengan air laut, sedangkan untuk cooler yang lain termasuk jacket water, minyak pelumas, udara bilas, didinginkan dengan air tawar yang bertemperatur rendah. Sistem pendingin jenis ini sangat kecil peralatan yang berhubungan langsung dengan air laut sehingga masalah korosi dapat dikurangi.

Sistem pendingin terpusat terdiri atas tiga sirkuit yaitu :
1.         Sea water circuit, merupakan pendingin dengan fluida air laut yang mendinginkan sentral cooler, sirkuit ini disuplai dengan pompa sea water pump, air laut diambil dari sea chest pada sisi kapal, out put aliran ini akan langsung dibuang keluar melaui over board.
2.         Fresh water circuit, dibagi lagi menjadi 2 yaitu:
Merupakan pendinginan dengan air tawar yang didinginkan oleh air laut. Air tawar ini mendinginkan beberapa cooler yang sudah terpasang pada engine, adapun yang didinginkan oleh air tawar adalah sebagai berikut:
a.         Charge air cooler
Charge air cooler adalah heat excanger yang mendinginkan udara turbo charge dengan suhu udara yang masuk pada turbo adalah 40 - 70 oC dan dengan suhu masuk air tawar sebesar pada aftercooler 38 oC.


b.         Oil Cooler
Oil Cooler yaitu mendinginkan oli pelumasan untuk main engine dengan suhu outlet oil sebesar 75 oC dan dengan suhu air tawar masuk sebesar 38 oC.
            c.         Jacket water Cooler
Air yang dari aftercooler dan oil cooler dicampur kemudian dipompa dengan Water Jacket
Pump masuk Water Jacket dengan suhu masuk sebesar 85 oC dan suhu keluar 96 oC.
                       

6 comments:

"Yang Copy-Paste, izin yah.! Biar berkah "
Pembaca yang baik. Setelah baca dikomeng. Budayakan Komenk Spontan.