SISTEM PENDINGIN ( COOLING WATER SYSTEM )
1 Umum
Sistem pendingin yang biasa digunakan
ada 2 macam, yaitu :
1.
Sistem Pendingin terbuka,
Merupakan sistem pendingin yang langsung berhubungan
dengan air laut. Sistem ini menggunakan air laut yang langsung masuk untuk
mendinginkan komponen yang perlu untuk didinginkan.
2.
Sistem
Pendinginan Tertutup,
Sistem pendingin yang menggunakan air tawar yang
disirkulasikan dalam suatu sirkuit tertutup untuk mendinginkan
komponen yang perlu didinginkan. Kemudian air tawar tersebut didinginkan oleh
air laut, kemudian air tawar tersebut disirkulasikan kembali untuk
mendinginkan komponen. Sistem ini dibagi menjadi dua yaitu:
·
Sistem
independent
Yaitu, dimana air tawar yang digunakan untuk mendinginkan
tiap-tiap komponen didinginkan secara terpisah, tidak bersama dalam
sebuah penukar panas.
·
Sistem
terpusat
Yaitu, dimana air tawar yang digunakan untuk mendinginkan
komponen, dikumpulkan untuk didinginkan secara bersama, dalam sebuah heat
exchanger.
Sistem pendingin ini didesain dengan hanya mempunyai satu
heat exchanger yang didinginkan dengan air laut, sedangkan untuk
cooler yang lain termasuk jacket water, minyak pelumas, udara bilas,
didinginkan dengan air tawar yang bertemperatur rendah. Sistem pendingin jenis
ini sangat kecil peralatan yang berhubungan langsung dengan air laut sehingga
masalah korosi dapat dikurangi.
Sistem pendingin
terpusat terdiri atas tiga sirkuit yaitu :
1. Sea water
circuit, merupakan pendingin dengan fluida air laut yang mendinginkan sentral
cooler, sirkuit ini disuplai dengan pompa sea water pump, air
laut diambil dari sea chest pada sisi kapal, out put aliran ini akan
langsung dibuang keluar melaui over board.
2. Fresh
water circuit, dibagi lagi menjadi 2 yaitu:
Merupakan
pendinginan dengan air tawar yang didinginkan oleh air laut. Air tawar ini
mendinginkan beberapa
cooler yang sudah terpasang pada engine, adapun yang didinginkan oleh air tawar
adalah sebagai
berikut:
a. Charge air cooler
Charge
air cooler adalah heat excanger yang mendinginkan udara turbo charge dengan
suhu udara
yang masuk pada turbo adalah 40 - 70 oC dan dengan suhu masuk air
tawar sebesar pada
aftercooler 38 oC.
b. Oil Cooler
Oil
Cooler yaitu mendinginkan oli pelumasan untuk main engine dengan suhu outlet
oil sebesar
75 oC dan dengan suhu air tawar masuk sebesar 38 oC.
c. Jacket water Cooler
Air yang dari aftercooler dan oil
cooler dicampur kemudian dipompa dengan Water Jacket
Pump masuk Water Jacket dengan
suhu masuk sebesar 85 oC dan suhu keluar 96 oC.
makasihhh :D
ReplyDeletesaMA" INTAN
ReplyDeleteizin share bang
ReplyDeleteizin copas buat referensi bang :D
ReplyDeletemantap...
ReplyDeleteijin copas mas
ReplyDeleteizin kompas buat tugas yaaa bang
ReplyDeleteIzin copas yaa bang
ReplyDelete