Thursday 5 April 2012

TAHANAN DAN PROPULSI KAPAL

-->
TAHANAN DAN PROPULSI KAPAL 
RIKI SANJAYA

Tahanan kapal adalah estimasi kebutuhan daya efektif kapal, agar kapal mampu bergerak dengan kecepatan servis seperti yang diinginkan.
Propulsi kapal adalah memprediksi besarnya daya yang harus dipersiapkan oleh sistem penggerak kapal agar kapal mampu bergerak dengan kecepatan servis yang direncanakan.
Sedangkan menurut buku tahanan dan propulsi kapal karangan Sv.Aa.Harvald Tahanan kapal pada suatu kecepatan adalah gaya fluida yang bekerja pada kapal sedemikian rupa sehingga melawan gerakan kapal tersebut.Tahanan tersebut sesuai dengan komponen gaya fluida yang bekerja sejajar dengan sumbu gerakan kapal.
Dalam Ujian Tengah Semester ini diberi tugas untuk mencari grafik speed power trends untuk masing-masing jenis kapal yang berbeda.Dalam hal ini data yang kita cari diperbolehkan dari berbagai macam sumber. Sumber data dalam tugas ini diambil dari register Nippon Kaiji Kyokai (NKK) edisi Desember 1999.
Untuk jenis kapal sesuai dengan ketentuan dari dosen. NRP genap mendapat pilihan jenis kapal cargo,kontainer, atau dry bulk. Maka dipilih jenis kontainer dari register Nippon Kaiji Kyokai (NKK), sedangkan untuk NRP ganjil mendapat pilihan liquid carrier.
Untuk  urutan pengerjaan adalah sebagai berikut :
Langkah pertama :
Mencari data kapal dari register sesuai dengan persyaratan NRP yang telah ditentukan. Dari register didapat data ukuran utama kapal dan daya mesin. Data tersebut adalah nama kapal,Lpp (m),Vs (kecepatan) dalam knot,daya (BHP) dalam Kw.
Langkah kedua :
Menentukan range data ukuran kapal yang akan kita ambil sebagai sampel. Dari Lpp yang paling rendah sampai Lpp yang paling tinggi. Range data dari Lpp 99,64 m sampai 281,63
Langkah ketiga :
Mengolah data tersebut dalam software Microsoft Excell. Kita memasukkan data utama yang kita dapat dari register. Yang kita cari adalah rasio kecepatan panjang kapal (speed length ratio). Awal mulanya mencari nilai Lwl masing-masing kapal.
Rumus dari Lwl =4% Lpp+Lpp
Setelah mendapat Lwl, dilanjutkan dengan mencari nilai Ldisplacement. Ldisplacement ini digunakan untuk mencari perbandingan kecepatan dan panjang kapal (speed length ratio).
Rumus Ldisplacement : 0.5(Lwl+Lpp)
Hasil dari L displacement tersebut masih dalam meter tetapi harus diubah ke dalam feet sesuai dengan ketentuan. Rumus speed length ratio =  Vs/√L
L disini yang dimaksud adalah Ldisplacement. Hasil dari speed length ratio didapat, dilanjutkan dengan mencari rasio antara daya dengan displacement. Dari data yang didapat daya masih dalam satuan Kw (Kilowatt) maka harus di rubah ke dalam satuan Hp (horse power).
Rumus rasio daya dengan displacement =  BHP/Displacement
Setelah mendapat harga rasio tersebut maka data yang ada pada tabel speed length ratio dan BHP/Displacement dipakai untuk membuat grafik trend line .Grafik ini digunakan untuk mengetahui speed trends line dari suatu jenis kapal. Dari grafik tersebut didapat nilai R2. Harga harus R2≥95%. Bila harga tersebut belum memenuhi maka harus diperbaiki dengan mencari data kapal lagi di register sehingga harga R2 bisa sesuai ketentuan.
Maka grafik Speed Trends Line sudah selesai.

-->
TABEL DATA KAPAL
No.
Nama Kapal
Vs(Knots)
L (Lpp(m))
Power or BHP (kw)
1
CONFIDENCE
14,5
105,23
5295
2
EAGLE SKY
14,5
111,95
5195
3
MAERSK BARCELONA
24,1
224
39539
4
PETROVA
16
106
32267
5
ACX JADE
11
109,28
3013
6
PERMAI-I
18
135
9904
7
NOUR
11
114,33
2913
8
KRIS MERUBI
15
92,5
4948
9
SEABOXER
19,3
172,83
34591
10
TUAS EXPRESS
14,7
118,27
7795
11
MICRONESIAN HERITAGE
17
121,77
31994
12
SEA RANGER
22,7
203,83
40154
13
ACACIA
13,8
106,44
3871
14
ACX CHERRY
20
153,6
39627
15
ACX DAHLIA
20
181,54
36755
16
ACX HIBISCUS
14,1
215,98
7861
17
ACX ROSE
19,1
174,78
33591
18
ACX SWAN
14,7
118,48
7795
19
ACX VIOLET
20
181,54
36755
20
AIZAN
14
111,8
4348
21
ALLIGATOR BRAVERY
25
231,03
54539
22
ALLIGATOR COLUMBUS
21,9
231,03
35868
23
ALLIGATOR DISCOVERY
22
237,8
36115
24
ALLIGATOR INDEPENDENCE
22
234,5
37124
25
ALLIGATOR MIRACLE
18
230,43
9068
26
ALLIGATOR STRENGTH
26
237,8
49539
27
ALLIGATOR WISDOM
23,3
231,03
39539
28
AMBASSADOR BRIDGE
22,4
233,33
37388
29
ARDMORE
20
137,21
12561
30
ASCOT
13,7
279,36
2735
31
ASIA CROWN
22,8
208,57
35021
32
ASIAN LINK
13,9
116,13
4413
33
ASIAN PEGASUS
22
281,07
30591
34
AUSTRALIAN EXPRESS
14
142,04
3860
35
BOSPORUS BRIDGE
24
280,56
37442
36
CHIANGMAI BRIDGE
15,1
129,54
9374
37
CHINA TOWER
16
138,41
9463
38
CHOYANG PROGRESS
18,1
151,13
10288
 
-->
39
DANUBE
22,5
274,41
34521
40
DOLPHIN ACE
15
99,64
5340
41
DOLPHIN EXPRESS
13,9
116,11
4013
42
DOLPHIN ISLAND
14,5
108
4236
43
EVER DEVELOP
27
282,03
54631
44
EVER GLOBE
22
218,48
33442
45
EVER GLORY
22
218,48
33442
46
EVER LOADING
22
189,05
33442
47
EVER RACER
23
281,29
34421
48
EVER REPUTE
23,2
281,63
34421
49
GLORY CONTAINER
14,6
109,28
4413
50
GODDESS
19
127,4
7987



 








1 comment:

  1. Bang, adakah file lengkapnya buku tahanan dan propulsi kapal karangan Sv.Aa.Harvald?

    ReplyDelete

"Yang Copy-Paste, izin yah.! Biar berkah "
Pembaca yang baik. Setelah baca dikomeng. Budayakan Komenk Spontan.