TAHANAN DAN PROPULSI KAPAL
RIKI SANJAYA
Tahanan
kapal adalah estimasi kebutuhan daya efektif kapal, agar kapal mampu bergerak
dengan kecepatan servis seperti yang diinginkan.
Propulsi
kapal adalah memprediksi besarnya daya yang harus dipersiapkan oleh sistem
penggerak kapal agar kapal mampu bergerak dengan kecepatan servis yang
direncanakan.
Sedangkan
menurut buku tahanan dan propulsi kapal karangan Sv.Aa.Harvald Tahanan kapal
pada suatu kecepatan adalah gaya fluida yang bekerja pada kapal sedemikian rupa
sehingga melawan gerakan kapal tersebut.Tahanan tersebut sesuai dengan komponen
gaya fluida yang bekerja sejajar dengan sumbu gerakan kapal.
Dalam Ujian Tengah Semester ini
diberi tugas untuk mencari grafik speed power trends untuk masing-masing jenis
kapal yang berbeda.Dalam hal ini data yang kita cari diperbolehkan dari
berbagai macam sumber. Sumber data dalam tugas ini diambil dari register Nippon
Kaiji Kyokai (NKK) edisi Desember 1999.
Untuk jenis kapal sesuai dengan
ketentuan dari dosen. NRP genap mendapat pilihan jenis kapal cargo,kontainer,
atau dry bulk. Maka dipilih jenis
kontainer dari register Nippon Kaiji Kyokai (NKK), sedangkan untuk NRP ganjil
mendapat pilihan liquid carrier.
Untuk
urutan pengerjaan adalah sebagai berikut :
Langkah pertama :
Mencari data kapal dari register sesuai
dengan persyaratan NRP yang telah ditentukan. Dari register didapat data ukuran
utama kapal dan daya mesin. Data tersebut adalah nama kapal,Lpp (m),Vs
(kecepatan) dalam knot,daya (BHP) dalam Kw.
Langkah kedua :
Menentukan range data ukuran kapal yang
akan kita ambil sebagai sampel. Dari Lpp yang paling rendah sampai Lpp yang
paling tinggi. Range data dari Lpp 99,64 m sampai 281,63
Langkah ketiga :
Mengolah data tersebut dalam software
Microsoft Excell. Kita memasukkan data utama yang kita dapat dari register.
Yang kita cari adalah rasio kecepatan panjang kapal (speed length ratio). Awal mulanya mencari nilai Lwl masing-masing
kapal.
Rumus dari Lwl =4% Lpp+Lpp
Setelah mendapat Lwl, dilanjutkan
dengan mencari nilai Ldisplacement.
Ldisplacement ini digunakan untuk mencari perbandingan kecepatan dan panjang
kapal (speed length ratio).
Rumus Ldisplacement : 0.5(Lwl+Lpp)
Hasil dari L displacement tersebut
masih dalam meter tetapi harus diubah ke dalam feet sesuai dengan ketentuan. Rumus
speed length ratio = Vs/√L
L disini yang dimaksud adalah Ldisplacement. Hasil dari speed length ratio didapat, dilanjutkan
dengan mencari rasio antara daya dengan displacement.
Dari data yang didapat daya masih dalam satuan Kw (Kilowatt) maka harus di
rubah ke dalam satuan Hp (horse power).
Rumus rasio daya dengan displacement = BHP/Displacement
Setelah mendapat harga rasio tersebut
maka data yang ada pada tabel speed
length ratio dan BHP/Displacement dipakai
untuk membuat grafik trend line .Grafik
ini digunakan untuk mengetahui speed
trends line dari suatu jenis kapal. Dari grafik tersebut didapat nilai R2.
Harga harus R2≥95%. Bila harga tersebut belum memenuhi maka harus
diperbaiki dengan mencari data kapal lagi di register sehingga harga R2 bisa
sesuai ketentuan.
Maka grafik Speed Trends Line sudah selesai.
-->
TABEL
DATA KAPAL
No.
|
Nama
Kapal
|
Vs(Knots)
|
L
(Lpp(m))
|
Power
or BHP (kw)
|
1
|
CONFIDENCE
|
14,5
|
105,23
|
5295
|
2
|
EAGLE SKY
|
14,5
|
111,95
|
5195
|
3
|
MAERSK BARCELONA
|
24,1
|
224
|
39539
|
4
|
PETROVA
|
16
|
106
|
32267
|
5
|
ACX JADE
|
11
|
109,28
|
3013
|
6
|
PERMAI-I
|
18
|
135
|
9904
|
7
|
NOUR
|
11
|
114,33
|
2913
|
8
|
KRIS MERUBI
|
15
|
92,5
|
4948
|
9
|
SEABOXER
|
19,3
|
172,83
|
34591
|
10
|
TUAS EXPRESS
|
14,7
|
118,27
|
7795
|
11
|
MICRONESIAN HERITAGE
|
17
|
121,77
|
31994
|
12
|
SEA RANGER
|
22,7
|
203,83
|
40154
|
13
|
ACACIA
|
13,8
|
106,44
|
3871
|
14
|
ACX CHERRY
|
20
|
153,6
|
39627
|
15
|
ACX DAHLIA
|
20
|
181,54
|
36755
|
16
|
ACX HIBISCUS
|
14,1
|
215,98
|
7861
|
17
|
ACX ROSE
|
19,1
|
174,78
|
33591
|
18
|
ACX SWAN
|
14,7
|
118,48
|
7795
|
19
|
ACX VIOLET
|
20
|
181,54
|
36755
|
20
|
AIZAN
|
14
|
111,8
|
4348
|
21
|
ALLIGATOR BRAVERY
|
25
|
231,03
|
54539
|
22
|
ALLIGATOR COLUMBUS
|
21,9
|
231,03
|
35868
|
23
|
ALLIGATOR DISCOVERY
|
22
|
237,8
|
36115
|
24
|
ALLIGATOR INDEPENDENCE
|
22
|
234,5
|
37124
|
25
|
ALLIGATOR MIRACLE
|
18
|
230,43
|
9068
|
26
|
ALLIGATOR STRENGTH
|
26
|
237,8
|
49539
|
27
|
ALLIGATOR WISDOM
|
23,3
|
231,03
|
39539
|
28
|
AMBASSADOR BRIDGE
|
22,4
|
233,33
|
37388
|
29
|
ARDMORE
|
20
|
137,21
|
12561
|
30
|
ASCOT
|
13,7
|
279,36
|
2735
|
31
|
ASIA CROWN
|
22,8
|
208,57
|
35021
|
32
|
ASIAN LINK
|
13,9
|
116,13
|
4413
|
33
|
ASIAN PEGASUS
|
22
|
281,07
|
30591
|
34
|
AUSTRALIAN EXPRESS
|
14
|
142,04
|
3860
|
35
|
BOSPORUS BRIDGE
|
24
|
280,56
|
37442
|
36
|
CHIANGMAI BRIDGE
|
15,1
|
129,54
|
9374
|
37
|
CHINA TOWER
|
16
|
138,41
|
9463
|
38
|
CHOYANG PROGRESS
|
18,1
|
151,13
|
10288
|
39
|
DANUBE
|
22,5
|
274,41
|
34521
|
40
|
DOLPHIN ACE
|
15
|
99,64
|
5340
|
41
|
DOLPHIN EXPRESS
|
13,9
|
116,11
|
4013
|
42
|
DOLPHIN ISLAND
|
14,5
|
108
|
4236
|
43
|
EVER DEVELOP
|
27
|
282,03
|
54631
|
44
|
EVER GLOBE
|
22
|
218,48
|
33442
|
45
|
EVER GLORY
|
22
|
218,48
|
33442
|
46
|
EVER LOADING
|
22
|
189,05
|
33442
|
47
|
EVER RACER
|
23
|
281,29
|
34421
|
48
|
EVER REPUTE
|
23,2
|
281,63
|
34421
|
49
|
GLORY CONTAINER
|
14,6
|
109,28
|
4413
|
50
|
GODDESS
|
19
|
127,4
|
7987
|
Bang, adakah file lengkapnya buku tahanan dan propulsi kapal karangan Sv.Aa.Harvald?
ReplyDelete