TURBOCHARGER
RIKI SANJAYA
I.1 Mesin Diesel
Adalah sejenis mesin pembakaran
dalam; lebih spesifik lagi,
sebuah mesin
pemicu kompresi, dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu tinggi gas yang dikompresi, dan bukan oleh alat berenergi lain (seperti busi).
I.2 Bagaimana Mesin Diesel
Bekerja
Ketika udara dikompresi suhunya akan meningkat (seperti dinyatakan
oleh Hukum Charles), mesin
diesel menggunakan sifat ini untuk proses pembakaran. Udara disedot ke dalam ruang bakar mesin diesel dan dikompresi oleh piston yang merapat, jauh lebih tinggi dari rasio kompresi dari mesin bensin. Beberapa saat sebelum piston pada posisi Titik
Mati Atas (TMA) atau BTDC (Before Top Dead Center), bahan bakar diesel disuntikan ke ruang bakar dalam tekanan tinggi melalui nozzle supaya bercampur dengan udara
panas yang bertekanan tinggi. Hasil pencampuran ini menyala dan membakar dengan
cepat. Penyemprotan bahan bakar ke ruang bakar mulai dilakukan saat piston
mendekati (sangat dekat) TMA untuk menghindari detonasi. Penyemprotan bahan
bakar yang langsung ke ruang bakar di atas piston dinamakan injeksi langsung
(direct injection) sedangkan penyemprotan bahan bakar kedalam ruang khusus yang
berhubungan langsung dengan ruang bakar utama dimana piston berada dinamakan
injeksi tidak langsung (indirect injection).
Ledakan tertutup ini menyebabkan gas dalam ruang pembakaran
mengembang dengan cepat, mendorong piston ke bawah dan menghasilkan tenaga
linear. Batang
penghubung (connecting
rod) menyalurkan gerakan ini ke crankshaft dan oleh crankshaft tenaga linear tadi diubah menjadi tenaga
putar. Tenaga putar pada ujung poros crankshaft dimanfaatkan untuk berbagai
keperluan.
Untuk meningkatkan kemampuan mesin diesel, umumnya ditambahkan
komponen :
a.
Turbocharger atau supercharger untuk memperbanyak volume udara yang masuk
ruang bakar karena udara yang masuk ruang bakar didorong oleh turbin pada
turbo/supercharger.
- Intercooler untuk mendinginkan udara yang
akan masuk ruang bakar. Udara yang panas volumenya akan mengembang begitu
juga sebaliknya, maka dengan didinginkan bertujuan supaya udara yang
menempati ruang bakar bisa lebih banyak.
Mesin diesel sulit untuk hidup pada saat mesin dalam kondisi
dingin. Beberapa mesin menggunakan pemanas elektronik kecil yang disebut busi menyala (spark/glow plug) di dalam silinder untuk memanaskan ruang bakar
sebelum penyalaan mesin. Lainnya menggunakan pemanas "resistive grid"
dalam "intake manifold" untuk menghangatkan udara masuk sampai mesin
mencapai suhu operasi. Setelah mesin beroperasi pembakaran bahan bakar dalam
silinder dengan efektif memanaskan mesin.
Dalam cuaca yang sangat dingin, bahan bakar diesel mengental dan
meningkatkan viscositas dan membentuk kristal lilin atau gel. Ini dapat mempengaruhi
sistem bahan bakar dari tanki sampai nozzle, membuat penyalaan mesin dalam
cuaca dingin menjadi sulit. Cara umum yang dipakai adalah untuk memanaskan penyaring
bahan bakar dan jalur bahan
bakar secara elektronik.
Untuk aplikasi generator listrik, komponen penting dari mesin
diesel adalah governor, yang mengontrol suplai bahan bakar agar putaran mesin selalu
para putaran yang diinginkan. Apabila putaran mesin turun terlalu banyak
kualitas listrik yang dikeluarkan akan menurun sehingga peralatan listrik tidak
dapat berkerja sebagaimana mestinya, sedangkan apabila putaran mesin terlalu
tinggi maka bisa mengakibatkan over voltage yang bisa merusak peralatan
listrik. Mesin diesel modern menggunakan pengontrolan elektronik canggih
mencapai tujuan ini melalui elektronik kontrol modul (ECM) atau elektronik kontrol unit (ECU) - yang merupakan "komputer" dalam mesin. ECM/ECU
menerima sinyal kecepatan mesin melalui sensor dan menggunakan algoritma dan mencari
tabel kalibrasi yang disimpan dalam ECM/ECU, dia mengontrol jumlah bahan bakar
dan waktu melalui aktuator elektronik atau
hidrolik untuk mengatur kecepatan mesin.
I.3 Tipe Mesin Diesel
Ada dua kelas mesin diesel: dua-stroke dan empat-stroke. banyak
mesin diesel besar bertipe mesin dua tak. Mesin
yang lebih kecil biasanya menggunakan tipe mesin empat tak.
Biasanya jumlah silinder dalam kelipatan
dua, meskipun berapapun jumlah silinder dapat digunakan selama poros engkol
dapat diseimbangkan untuk mencegah getaran yang
berlebihan. Inline-6 paling banyak diproduksi dalam mesin tugas-medium ke tugas-berat,
meskipun V8 dan straight-4 juga banyak diproduksi.
I.4 Keunggulan Dan Kelemahan
Dibanding
Dengan
Mesin Busi-Nyala
Untuk keluaran tenaga yang sama, ukuran mesin diesel lebih besar
daripada mesin bensin karena
konstruksi besar diperlukan supaya dapat bertahan dalam tekanan tinggi untuk
pembakaran atau penyalaan. Dengan konstruksi yang besar tersebut penggemar
modifikasi relatif mudah dan murah untuk meningkatkan tenaga dengan penambahan turbocharger tanpa terlalu memikirkan ketahanan komponen terhadap takanan yang
tinggi. Mesin bensin perlu perhitungan yang lebih cermat untuk modifikasi
peningkatan tenaga karena pada umumnya komponen di dalamnya tidak mampu menahan
tekanan tinggi, dan menjadikan mesin diesel kandidat untuk modifikasi mesin dengan biaya murah.
Penambahan turbocharger atau supercharger ke mesin bertujuan meningkatkan jumlah udara yang masuk dalam
ruang bakar dengan demikian pada saat kompresi akan menghasilkan tekanan yang
tinggi dan pada saat penyalaan atau pembakaran akan menghasilkan tenaga yang
besar. Penambahan turbocharger atau supercharger pada mesin diesel tidak berpengaruh besar terhadap pemakaian
bahan bakar karena bahan bakar disuntikan secara langsung ke ruang bakar pada
saat ruang bakar dalam keadaan kompresi tertinggi untuk memicu penyalaan agar
terjadi proses pembakaran. Sedangkan penambahan turbocharger atau supercharger pada mesin bensin sangat mempengaruhi pemakaian bahan bakar
karena udara dan bahan bakar dicampur dengan komposisi yang tepat sebelum masuk
ruang bakar, baik untuk mesin bensin dengan sistem karburator maupun
sistem injeksi.
I.5 Turbocharger
Adalah sebuah kompresor yang digunakan
dalam mesin pembakaran
dalam untuk meningkatkan keluaran
tenaga mesin dengan meningkatkan massa oksigen yang memasuki
mesin. Kunci keuntungan dari turbocharger adalah mereka menawarkan sebuah
peningkatan yang lumayan banyak dalam tenaga mesin hanya dengan sedikit
menambah berat.
Sebuah kerugian dalam mesin petrol adalah rasio kompresi harus direndahkan (agar tidak melewat tekanan kompresi maksimum
dan untuk mencegah knocking mesin) yang menurunkan efisiensi mesin ketika beroperasi pada tenaga
rendah. Kerugian ini tidak ada dalam mesin diesel diturbocharge yang dirancang khusus. Namun, untuk operasi pada
ketinggian, pendapatan tenaga dari sebuah turbocharger membuat perbedaan yang
jauh dengan keluaran tenaga total dari kedua jenis mesin. Faktor terakhir ini
membuat mesin pesawat dengan turbocharge sangat menguntungkan; dan merupakan awal
pemikiran untuk pengembangan alat ini.
Komponen mesin ini memiliki tiga bagian penting: roda turbin, roda
kompressor dan rumah as. Roda turbin yang bersudu-sudu ini berputar
memanfaatkan tekanan gas buang keluar, kemudian melalui as terputarnya roda
turbin ini berputar pula roda kompressor dengan sudu-sudunya sehingga memompa udara masuk dalam
massa yang padat. Mengingat komponen ini sering berputar melebihi 80,000
putaran per menit maka pelumasan yang baik sangat diperlukan.
ABB (www.abb.com) is a leader in power and
automation technologies that enable utility and industry customers to improve
performance while lowering environmental impact. The ABB Group of companies
operates in around 100 countries and employs about 120,000 people.
Power Products are the key components to transmit
and distribute electricity. The division incorporates ABB's manufacturing
network for transformers, switchgear, circuit breakers, cables and associated
equipment. It also offers all the services needed to ensure products'
performance and extend their lifespan. The division is subdivided into three
business units.
Power Systems offers turnkey systems and services
for power transmission and distribution grids, and for power plants.
Substations and substation automation systems are key areas. Additional
highlights include flexible alternating current transmission systems (FACTS),
high-voltage direct current (HVDC) systems and network manage.
bagus,,, mksh infonya, brguna sekali
ReplyDelete