CAPSTAN
Ada tiga macam penyusunan Capstan
yang umum digunakan. Dalam suatu penyusunan motor, elektrik brake, gear reducer
dan capstan head diletakkan semuanya pada weather Deck. Penyusunan yang kedua
adalah hanya capstan head yang diletakkan pada weather deck, dengan motor
electric brake dan gear reducer tergantung dibawah weather deck. Penyusunan
ketiga adalah hanya capstan head yang diletakkan di weather deck dengan motor,
brake dan gear reducer berada di deck di bawahnya.
Keuntungan penyusunan dengan cara
pertama, semua bagian dapat dirangkai oleh pembuat mesin untuk dipasang
ditempat yang diinginkan oleh perencana/pembuat kapal. sedang kerugiannya bahwa
motor dan brake harus menggunakan konstruksi yang kedap air, dan penempatannya
yang menyusahkan.
Susunan yang kedua mempunyai
keuntungan motor dan remnya diluar weather deck. Sehingga merupakan konstruksi
yang tahan terhadap air. Susunan yang ketiga mempunyai masalah meluruskan mesin penggerak dengan capstan
head. Dan juga memerlukan instalasi fleksibel kopling yang dapat menyesuaikan
ketidaklurusan .
Untuk kapal dagang biasanya ketika
capstan menanggung beban tertentu ditekankan untuk tidak melebihi 40 % diri
yield point dari material. Motor capstan seharusnya reversibel dan biasanya
terdiri dari 2 kecepatan (penuh dan seper empat), daya konstan dan bertipe sangkar
tupai. Sebuah brake seharusnya ada pada poros motor. Capstan biasanya dirancang
untuk kecepatan kira-kira 30 - 35 FPM, ini kira kira sama dengan kecepatan
manusia untuk melilitkan tali pada kapstan. Jika motor berkecepatan penuh dan seperempat seperti disebutkan
diatas akan menghasilkan kecepatan 120 - 140 FPM.
(contoh gambar capstan)
izin copy paste bang
ReplyDelete