Thursday 5 April 2012

Pompa Displacement


-->     Pompa Displacement


Dalam perkembangannya pompa banyak mengalami perkembangan mulai dari pompa jenis positif displacement yang menggunakan tenaga mekanik dan menggunakan sistem kekedapan udara. Pompa positif displacement merupakan jenis pompa yang sangat sederhana dan mudah pengaplikasiannya. Pompa positif displacement memanfaatkan katup-katup kedap udara guna mangangkat fluida.
Dalam perkembangannya pompa jenis positif displacement juga digunakan dalam industri perminyakan untuk menghisap minyak dalam skala besar dan tentunya juga dengan ukuran pompa yang lebih besar. Prinsip kerja sama yaitu menghisap cairan fluida minyak dengan katup-katup kedap udara. Namun tentunnya mengangkat katup tersebut tidak secara manual namun menggunakan mesin bantu untuk membuat pompa tersebut bekerja. Ukurannya yang besar membuat pengoperasian pompa positif displacement untuk perminyakkan sedikit ledih rumit.
Pada umumnya pompa positif displacement menggunakan metode penggunaan katup kedap udara. Dengan katup tersebut fluida akan terangkap naik secara perlahan menuju discharge. Pompa positif displacement sederhana banyak digunakan pada pompa sumur tradisional. Selain efisien penggunaannya jenis pompa ini cocok untuk rumah tangga yang tidak ingin menggunakan listrik karena cara kerja pompa ini menggunakan proses mekanik menggunakan tenaga manusia untuk menggerakkan tuas yang tehubung dengan katup-katup kedap udara untuk mengangkat air.
Pada prinsipnya, cairan apapun dapat ditangani oleh berbagai rancangan pompa. Jika berbagai rancangan pompa digunakan, pompa sentrifugal biasanya yang paling ekonomis diikuti oleh pompa rotary dan reciprocating. Walaupun, pompa perpindahan positif biasanya lebih efisien daripada pompa sentrifugal, namun keuntungan efisiensi yang lebih tinggi cenderung diimbangi dengan meningkatnya biaya perawatan.



Gambar 1 kerja pompa Displacement
 
 


Pompa perpindahan positif dikenal dengan caranya beroperasi: cairan diambil dari salah satu ujung dan pada ujung lainnya dialirkan secara positif untuk setiap putarannya. Pompa perpindahan positif digunakan secara luas untuk pemompaan fluida selain air, biasanya fluida kental.
II.2 Pompa reciprocating
Adalah pompa dimana energi mekanik dari penggerak pompa diubah menjadi energi aliran dari cairan yang dipompa dengan menggunakan elemen yang bergerak bolak-balik di dalam silinder. Elemen yang bergerak bolak-balik itu dapat berupa piston atau plunyer. Ketika volume silinder membesar akibat gerakan piston atau plunyer maka tekanan dalam silinder akan turun dan relatif lebih kecil daripada tekanan pada sisi isap, sehingga fluida pada sisi isap akan masuk ke dalam pompa.
Sebaliknya ketika volume silinder mengecil akibat gerakan piston atau plunyer maka tekanan dalam silinder akan naik sehingga fluida akan tertekan keluar. Pompa reciprocating mempunyai tekanan yang tinggi sehingga mampu melayani sistem dengan head yang tinggi. Namun kapasitas pompa ini biasanya rendah. Tekanan yang dihasilkan tidak tergantung pada kapasitas tetapi tergantung pada daya penggerak dan kekuatan bahan. Pompa ini juga dapat bekerja pada pengisapan kering. Kekurangan pompa reciprocating adalah alirannya tidak kontinu (berpulsa) dan tidak steady yang disebabkan adanya gaya enersia akibat gerakan bolak-balik oleh piston atau plunyer. Jika perpindahan dilakukan oleh maju mundurnya jarum piston. Pompa reciprocating hanya digunakan untuk pemompaan cairan kental dan sumur minyak.
Ada dua jenis umum pompa reciprocating. Pompa piston dan pompa diafragma. Jenis pompa beroperasi dengan menggunakan piston reciprocating atau diafragma.Cairan memasuki ruang pemompaan melalui katup inlet dan terdorong keluar melalui katup outlet oleh aksi piston atau diafragma. Pompa reciprocating umumnya sangat efisien dan cocok untuk kepala yang sangat tinggi pada aliran rendah.Jenis pompa priming diri karena dapat menarik cairan dari tingkat bawah flens hisap bahkan jika pipa hisap tidak dievakuasi. Pompa arus memberikan debit yang handal dan sering digunakan untuk metering akurat tugas memberikan jumlah cairan.
Pompa reciprocating tidak toleran terhadap partikel padat (Lihat catatan bawah pada pompa udara dioperasikan diafragma) dan memberikan aliran sangat berdenyut. Jika kelancaran arus diperlukan maka sistem aliran pembuangan harus menyertakan fitur tambahan seperti akumulator untuk memberikan bahkan arus.
Reciprocating pompa dirancang untuk memberikan tekanan tinggi harus mencakup metode untuk melepaskan tekanan cairan yang berlebihan. Pompa harus mencakup untuk dibangun di katup relief atau katup relief harus disertakan dalam rangkaian fluida yang tidak dapat dipisahkan dari pompa. Fitur ini tidak diperlukan untuk keselamatan untuk katup diafragma udara yang dioperasikan.
Transfer Cairan kadang-kadang dicapai dengan menggunakan pompa baik sentrifugal perpindahan atau positif. pompa sentrifugal transfer energi untuk suatu cairan melalui impeller berputar, mengubah energi pendorong untuk tekanan fluida yang bergerak fluida. Jenis pompa sangat tergantung tekanan dan fluida dan biasanya tidak digunakan untuk metering karena ketidakmampuan mereka untuk mempertahankan arus yang sangat akurat dalam perubahan kondisi masuk dan debit. keuntungan mereka adalah memberikan laju aliran yang tinggi pada tekanan rendah.
Pompa perpindahan positif beroperasi dengan menjebak suatu volume tetap cairan dan cairan ini bergerak melalui roda gigi, piston, diafragma, baling-baling atau perangkat lain. Pompa ini biasanya beroperasi pada kecepatan lebih rendah, kurang sensitif terhadap perubahan dalam kondisi tekan dan hisap, dan memungkinkan pengaturan arus dengan menyesuaikan kecepatan dan perpindahan. Fitur-fitur ini telah membuat pompa perpindahan positif pilihan yang jelas untuk metering cairan.
Pompa metering sehingga dapat didefinisikan sebagai perangkat displacement positif dirancang untuk memberikan aliran yang sangat tepat dan berulang dalam rentang kapasitas tertentu. Kapasitas biasanya dapat disesuaikan dalam kisaran turndown pompa, biasanya dari 10:01 sampai setinggi 1000:1 pada beberapa model pompa.Akurasi, keterulangan, dan linieritas di berbagai turndown adalah fitur yang membedakan dengan pompa metering dari pompa perpindahan khas positif.
Pompa perpindahan positif metering biasanya diklasifikasikan sebagai rotary atau reciprocating. Pompa Rotary termasuk gear, lobus, baling-baling, dan roller (peristaltik) pompa. Pompa Reciprocating termasuk diafragma, piston, dan pompa bellow.



Gambar.2. kerja pompa jenis reciprocating
 
Accumulator












Pompa reciprocating beroperasi dengan volume tetap menggusur melalui gerakan reciprocating baik piston, diafragma, atau sebuah puputan. Dalam contoh sederhana, piston diambil kembali dalam ruang tertutup, menciptakan vakum yang menarik dalam volume tetap cairan. piston kemudian bergerak ke depan dan mengusir cairan. Dengan cara ini, dengan baik mengendalikan panjang stroke piston atau kecepatan piston membelai, flow control yang akurat dapat dicapai. Gerak reciprocating dapat diberikan oleh motor digerakkan eksentrik atau drive magnetik liner (solenoida).
Piston pompa biasanya memerlukan segel atau jarak dekat di sekitar piston untuk beroperasi secara akurat. Ini memperkenalkan masalah memakai segel dan piston, kontaminasi dari cairan dipompa oleh partikel keausan, dan keterbatasan pada pilihan bahan untuk ketahanan kimia optimal.

4 comments:

  1. gambarnya mana ya?? gag kelyatan.. >.<

    ReplyDelete
  2. Gambarnya mana ya?? gag kelihatan >.<

    ReplyDelete
  3. caridi google aja,., buanyak,.,

    ReplyDelete
  4. sturizes my pores and skin, even tones it, gets
    rid of scars plus makes our face appear smooth and excellent.
    Even though this lotion has a lightening impact on some individuals.
    It doesn't lighten my skin though.. Most imortant thing is to exfoliate for the scars. It helps removes lifeless skin tissues on the face. (Try using a clean, a lot of people, inculding perso, use apricot scrubs. These kinds of are very cheap to buy)

    Here is my blog post :: skin whitening lotion

    ReplyDelete

"Yang Copy-Paste, izin yah.! Biar berkah "
Pembaca yang baik. Setelah baca dikomeng. Budayakan Komenk Spontan.