Saturday 7 April 2012

SISTEM PNEUMATIC

-->
 
-->SISTEM PNEUMATIC



1. Pengertian Pneumatik
Istilah pneumatik berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘pneuma’ yang berarti napas atau udara. Istilah pneumatik selalu berhubungan dengan teknik penggunaan udara bertekanan, baik tekanan di atas 1 atmosfer maupun tekanan di bawah 1 atmosfer (vacum). Sehingga pneumatik merupakan ilmu yang mempelajari teknik pemakaian udara bertekanan (udara kempa). Jaman dahulu kebanyakan orang sering menggunakan udara bertekanan untuk berbagai keperluan yang masih terbatas, antara lain menambah tekanan udara ban mobil/motor, melepaskan ban mobil dari peleknya, membersihkan kotoran, dan sejenisnya. Sekarang, sistem pneumatik memiliki apliaksi yang luas karena udara pneumatik bersih dan mudah didapat. Banyak industri yang menggunakan sistem pneumatik dalam proses produksi seperti industri makanan, industri obat-obatan, industri pengepakan barang maupun industri yang lain. Belajar pneumatik sangat bermanfaat mengingat hampir semua industri sekarang memanfaatkan sistem pneumatik.


2. Karakteristik Udara Kempa
Udara dipermukaan bumi ini terdiri atas campuran dari bermacam-macam gas. Komposisi dari macam-macam gas tersebut adalah sebagai berikut : 78 % vol. gas 21 % vol. nitrogen, dan 1 % gas lainnya seperti carbon dioksida, argon, helium, krypton, neon dan xenon. Dalam sistem pneumatik udara difungsikan sebagai media transfer dan sebagai penyimpan tenaga (daya) yaitu dengan cara dikempa atau dimampatkan. Udara termasuk golongan zat fluida karena sifatnya yang selalu mengalir dan bersifat compressible (dapat dikempa). Sifat-sifat udara senantiasa mengikuti hukum-hukum gas. Karakteristik udara dapat diidentifikasikan sebagai berikut :
a) Udara mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan rendah,
b) Volume udara tidak tetap.
c) Udara dapat dikempa (dipadatkan),
d) Berat jenis udara 1,3 kg/m³,
e) Udara tidak berwarna


3. Aplikasi Penggunaan Pneumatik
Penggunaan udara bertekanan sebenarnya masih dapat dikembangkan untuk berbagai keperluan proses produksi, misalnya untuk melakukan gerakan mekanik yang selama ini dilakukan oleh tenaga manusia, seperti menggeser, mendorong, mengangkat, menekan, dan lain sebagainya. Gerakan mekanik tersebut dapat dilakukan juga oleh komponen pneumatik, seperti silinder pneumatik, motor pneumatik, robot pneumatik translasi, rotasi maupun gabungan keduanya. Perpaduan dari gerakan mekanik oleh aktuator pneumatik dapat dipadu menjadi gerakan mekanik untuk keperluan proses produksi yang terus menerus (continue), dan flexibel. Pemakaian pneumatik dibidang produksi telah mengalami kemajuan yang pesat, terutama pada proses perakitan (manufacturing), elektronika, obat-obatan, makanan, kimia dan lainnya. Pemilihan penggunaan udara bertekanan (pneumatik) sebagai sistim kontrol dalam proses otomasinya, karena pneumatik mempunyai beberapa keunggulan, antara lain: mudah diperoleh, bersih dari kotoran dan zat kimia yang merusak, mudah didistribusikan melalui saluran (selang) yang kecil, aman dari bahaya ledakan dan hubungan singkat, dapat dibebani lebih, tidak peka terhadap perubahan suhu dan sebagainya.
Udara yang digunakan dalam pneumatik sangat mudah didapat/diperoleh di sekitar kita. Udara dapat diperoleh dimana saja kita berada, serta tersedia dalam jumlah banyak. Selain itu udara yang terdapat di sekitar kita cenderung bersih dari kotoran dan zat kimia yang merugikan. Udara juga dapat dibebani lebih tanpa menimbulkan bahaya yang fatal. Karena tahan terhadap perubahan suhu, maka
penumatik banyak digunakan pula pada industri pengolahan logam dan sejenisnya. 459
Secara umum udara yang dihisap oleh kompressor, akan disimpan dalam suatu tabung penampung. Sebelum digunakan udara dari kompressor diolah agar menjadi kering, dan mengandung sedikit pelumas. Setelah melalui regulator udara dapat digunakan menggerakkan katub penggerak (aktuator), baik berupa silinder/stang torak yang bergerak translasi, maupun motor pneumatik yang bergerak rotasi. Gerakan bolak balik (translasi), dan berputar (rotasi) pada aktuator selanjutnya digunakan untuk berbagai keperluan gerakan yang selama ini dilakukan oleh manusia atau peralatan lain.
Penggunaan udara bertekanan sebenarnya masih dapat dikembangkan untuk berbagai keperluan proses produksi, misalnya untuk melakukan gerakan mekanik yang selama ini dilakukan oleh tenaga manusia, seperti menggeser, mendorong, mengangkat, menekan, dan lain sebagainya. Gerakan mekanik tersebut dapat dilakukan juga oleh komponen pneumatik, seperti silinder pneumatik, motor pneumatik, robot pneumatik translasi, rotasi maupun gabungan keduanya. Perpaduan dari gerakan mekanik oleh aktuator pneumatik dapat dipadu menjadi gerakan mekanik untuk keperluan proses produksi yang terus menerus (continue), dan flexibel. Pemakaian pneumatik dibidang produksi telah mengalami kemajuan yang pesat, terutama pada proses perakitan (manufacturing), elektronika, obat-obatan, makanan, kimia dan lainnya. Pemilihan penggunaan udara bertekanan (pneumatik) sebagai sistim kontrol dalam proses otomasinya, karena pneumatik mempunyai beberapa keunggulan, antara lain: mudah diperoleh, bersih dari kotoran dan zat kimia yang merusak, mudah didistribusikan melalui saluran (selang) yang kecil, aman dari bahaya ledakan dan hubungan singkat, dapat dibebani lebih, tidak peka terhadap perubahan suhu dan sebagainya. Udara yang digunakan dalam pneumatik sangat mudah didapat/diperoleh di sekitar kita. Udara dapat diperoleh dimana saja kita berada, serta tersedia dalam jumlah banyak. Selain itu udara yang terdapat di sekitar kita cenderung bersih dari kotoran dan zat kimia yang merugikan. Udara juga dapat dibebani lebih tanpa menimbulkan bahaya yang fatal.
Karena tahan terhadap perubahan suhu, maka penumatik banyak digunakan pula pada industri pengolahan logam dan sejenisnya. Secara umum udara yang dihisap oleh kompressor, akan disimpan dalam suatu tabung penampung. Sebelum digunakan udara dari kompressor diolah agar menjadi kering, dan mengandung sedikit pelumas. Setelah melalui regulator udara dapat digunakan menggerakkan katub penggerak (aktuator), baik berupa silinder/stang torak yang bergerak translasi, maupun motor pneumatik yang bergerak rotasi. Gerakan bolak balik (translasi), dan berputar (rotasi) pada aktuator selanjutnya digunakan untuk berbagai keperluan gerakan yang selama ini dilakukan
oleh manusia atau peralatan lain.

4. Efektifitas Pneumatik
Sistim gerak dalam pneumatik memiliki optimalisasi/efektifitas bila digunakan pada batas-batas tertentu. Adapun batas-batas ukuran yang dapat menimbulkan optimalisasi penggunaan pneumatik antara lain: diameter piston antara 6 s/d 320 mm, anjang langkah 1 s/d 2.000 mm, tenaga yang diperlukan 2 s/d 15 bar, untuk keperluan pendidikan biasanya berkisar antara 4 sampai dengan 8 bar, dapat juga bekerja pada tekanan udara di bawah 1 atmosfer (vacuum), misalnya untuk keperluan mengangkat plat baja dan sejenisnya melalui katup karet hisap flexibel. Adapun efektifitas penggunaan udara bertekanan dapat dilihat pada grafik berikut:





 Gambar 1. Efektifitas udara bertekanan (Werner Rohrer,1990)

Penggunaan silinder pneumatik biasanya untuk keperluan antara lain: mencekam benda kerja, menggeser benda kerja, memposisikan benda kerja, mengarahkan aliran material ke berbagai arah. Penggunaan secara nyata pada industri antara lain untuk keperluan: membungkus (verpacken), mengisi material, mengatur distribusi material, penggerak poros, membuka dan menutup pada pintu, transportasi barang, memutar benda kerja, menumpuk/menyusun material, menahan dan menekan benda kerja. Melalui gerakan rotasi pneumatik dapat digunakan untuk, mengebor, memutar mengencangkan dan mengendorkan mur/baut, memotong, membentuk profil plat, menguji, proses finishing (gerinda, pasah, dll.)

5. Keuntungan dan Kerugian Penggunaan udara Kempa
5.1 Keuntungan
Penggunaan udara kempa dalam sistim pneumatik memiliki beberapa keuntungan antara lain dapat disebutkan berikut ini :
Ketersediaan yang tak terbatas
 udara tersedia di alam sekitar kita dalam jumlah yang tanpa batas sepanjang waktu dan tempat.
Mudah disalurkan
udara mudah disalurkan/pindahkan dari satu tempat ke tempat lain melalui pipa yang kecil, panjang dan berliku.
Fleksibilitas temperatur
 udara dapat fleksibel digunakan pada berbagai temperatur yang diperlukan, melalui peralatan yang dirancang untuk keadaan tertentu, bahkan dalam kondisi yang agak ekstrem udara masih dapat bekerja.
Aman
udara dapat dibebani lebih dengan aman selain itu tidak mudah terbakar dan tidak terjadi hubungan singkat (kotsleiting) atau meledak sehingga proteksi terhadap kedua hal ini cukup mudah, berbeda dengan sistim elektrik yang dapat menimbulkan kostleting hingga kebakaran.
Bersih
udara yang ada di sekitar kita cenderung bersih tanpa zat kimia yang berbahaya dengan jumlah kandungan pelumas yang dapat diminimalkan sehingga sistem pneumatik aman digunakan untuk industri obat-obatan, makanan, dan minuman maupun tekstil
Pemindahan daya dan Kecepatan
sangat mudah diatur. udara dapat melaju dengan kecepatan yang dapat diatur dari rendah hingga tinggi atau sebaliknya. Bila Aktuator menggunakan silinder pneumatik, maka kecepatan torak dapat mencapai 3 m/s. Bagi motor pneumatik putarannya dapat mencapai 30.000 rpm, sedangkan sistim motor turbin dapat mencapai 450.000 rpm.
Dapat disimpan
 udara dapat disimpan melalui tabung yang diberi pengaman terhadap kelebihan tekanan udara. Selain itu dapat dipasang pembatas tekanan atau pengaman sehingga sistim menjadi aman.
Mudah dimanfaatkan
 udara mudah dimanfaatkan baik secara langsung misal untuk membersihkan permukaan logam dan mesin-mesin, maupun tidak langsung, yaitu melalui peralatan pneumatik untuk menghasilkan gerakan tertentu.

5.2 Kerugian/Kelemahan Pneumatik
Selain memiliki kelebihan seperti di atas, pneumatik juga memiliki beberapa kelemahan antara lain:
Memerlukan instalasi peralatan penghasil udara. Udara kempa harus dipersiapkan secara baik hingga memenuhi syarat. memenuhi kriteria tertentu, misalnya kering, bersih, serta mengandung pelumas yang diperlukan untuk peralatan pneumatik. Oleh karena itu sistem pneumatik memerlukan instalasi peralatan yang relatif mahal, seperti kompressor, penyaring udara, tabung pelumas, pengeering, regulator, dll.
Mudah terjadi kebocoran, Salah satu sifat udara bertekanan adalah ingin selalu menempati ruang yang kosong dan tekanan udara susah dipertahankan dalam waktu bekerja. Oleh karena itu diperlukan seal agar udara tidak bocor. Kebocoran seal dapat menimbulkan kerugian energi. Peralatan pneumatik harus dilengkapi dengan peralatan kekedapan udara agar kebocoran pada sistim udara bertekanan dapat ditekan seminimal mungkin.
Menimbulkan suara bising, Pneumatik menggunakan sistim terbuka, artinya udara yang telah digunakan akan dibuang ke luar sistim, udara yang keluar cukup keras dan berisik sehingga akan menimbulkan suara bising terutama pada saluran buang. Cara mengatasinya adalah dengan memasang peredam suara pada setiap saluran buangnya.
Mudah Mengembun, Udara yang bertekanan mudah mengembun, sehingga sebelum memasuki sistem harus diolah terlebih dahulu agar memenuhi

6. Klasifikasi Sistim Pneumatik
Sistim elemen pada pneumatik memiliki bagian-bagian yang mempunyai fungsi berbeda. Secara garis besar sistim elemen pada pneumatik dapat digambarkan pada skema berikut :







Gambar 2. Klasifikasi Elemen Sistim Pneumatik (FESTO FluidSIM)


48 comments:

  1. Pretty! This was an extremely wonderful article.
    Thank you for supplying these details.

    My web-site - Rely Upon Steadfast Firm To Acquire Soccer Uniforms

    ReplyDelete
  2. Hey! This is my 1st comment here so I just wanted to give
    a quick shout out and say I really enjoy reading through your posts.

    Can you recommend any other blogs/websites/forums that deal with the same
    topics? Thanks for your time!

    Here is my site; jaketa.com

    ReplyDelete
  3. Have you ever thought about creating an e-book or guest
    authoring on other websites? I have a blog based on the same information you discuss and would love to have you share some stories/information.
    I know my audience would appreciate your work.
    If you are even remotely interested, feel free to shoot me an email.


    Have a look at my web-site :: harga kaos bola

    ReplyDelete
  4. I think this is among the most vital information for
    me. And i am glad reading your article. But should remark on few general things, The web site
    style is perfect, the articles is really great : D. Good job,
    cheers

    Feel free to surf to my web-site; kaospolospamulang.co.id

    ReplyDelete
  5. Asking questions are really good thing if you are not understanding anything entirely,
    but this piece of writing gives good understanding even.


    Feel free to surf to my page Jaketa.Com

    ReplyDelete
  6. Hello this is somewhat of off topic but I was wanting to know if blogs
    use WYSIWYG editors or if you have to manually code with HTML.
    I'm starting a blog soon but have no coding skills so I wanted to get advice from someone with experience. Any help would be greatly appreciated!

    Feel free to visit my homepage ... sentrabola.com

    ReplyDelete
  7. Hi, I do believe this is an excellent blog. I stumbledupon it ;
    ) I am going to come back once again since I saved as a favorite it.
    Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to help others.


    Feel free to visit my web-site ... Wholesale Vogue Apparel: It Just Gets Less Complicated To Buy!

    ReplyDelete
  8. I’m not that much of a online reader to be honest but
    your sites really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your site to come back later on. All the best

    Here is my homepage - jasa sablon kaos

    ReplyDelete
  9. I have been browsing online more than 3 hours these days,
    but I never discovered any fascinating article like
    yours. It is beautiful worth sufficient for me. Personally, if all
    web owners and bloggers made good content material as you probably did,
    the web will likely be a lot more useful than ever before.


    Here is my web blog: grosir kaos polos

    ReplyDelete
  10. Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you writing
    this article and the rest of the website is also very good.



    Feel free to visit my blog post; What Is Cross Platform Mobile Application Enhancement And Why

    ReplyDelete
  11. These are really enormous ideas in regarding blogging.
    You have touched some fastidious things here.

    Any way keep up wrinting.

    Feel free to surf to my blog post kaos polos

    ReplyDelete
  12. Nice blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
    A theme like yours with a few simple adjustements
    would really make my blog jump out. Please let me know where you got your design.

    Thanks

    my blog post :: Jaketa.Com

    ReplyDelete
  13. We are a gaggle of volunteers and starting a brand new scheme in our community.
    Your web site provided us with valuable info to work on.
    You have done an impressive job and our entire group will likely be grateful to you.


    My page: baju bola terbaru

    ReplyDelete
  14. Hey there outstanding blog! Does running a blog like this require a
    large amount of work? I've very little expertise in programming however I was hoping to start my own blog in the near future. Anyways, should you have any suggestions or techniques for new blog owners please share. I know this is off subject however I simply had to ask. Thanks!

    Here is my site; tempat sablon kaos di jakarta

    ReplyDelete
  15. Hello, There's no doubt that your website might be having browser compatibility problems. Whenever I take a look at your blog in Safari, it looks fine however, when opening in Internet Explorer, it's got some overlapping issues.

    I simply wanted to provide you with a quick heads up! Apart
    from that, fantastic website!

    Have a look at my blog :: kaos polos murah

    ReplyDelete
  16. I was recommended this web site by my cousin. I'm not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my trouble. You're amazing!
    Thanks!

    My blog :: http://forum.websound.ru/soundabc/index.php?title=Участник:JeanneAld

    ReplyDelete
  17. Hello, I enjoy reading all of your article. I wanted to write a little comment to support you.


    Feel free to surf to my homepage kaos polos murah

    ReplyDelete
  18. For most recent information you have to pay a quick visit world wide
    web and on the web I found this website as a most excellent website for latest updates.


    Feel free to surf to my web-site ... How Soccer Coaching Can Be Effortless

    ReplyDelete
  19. continuously i used to read smaller posts which as well
    clear their motive, and that is also happening with this article which
    I am reading here.

    My homepage :: jual power bank

    ReplyDelete
  20. Wow, wonderful weblog format! How lengthy have you ever been
    blogging for? you made running a blog look easy. The entire glance of your site is fantastic, as
    neatly as the content material!

    Feel free to surf to my webpage: Black And White Outfits Shop Locator

    ReplyDelete
  21. It's awesome to pay a quick visit this web site and reading the views of all friends regarding this article, while I am also eager of getting familiarity.

    Feel free to surf to my site How Do I Discover A Test And Continue To Keep Apple Ipad Offer You

    ReplyDelete
  22. My partner and I stumbled over here coming from a different web page and thought
    I should check things out. I like what I see so i
    am just following you. Look forward to looking at your web page repeatedly.


    Check out my site ... baju atasan wanita

    ReplyDelete
  23. You ought to be a part of a contest for one of the finest blogs on the net.
    I will recommend this blog!

    Also visit my site: harga power bank blackberry

    ReplyDelete
  24. Wow! In the end I got a webpage from where I be able to truly
    take helpful facts regarding my study and knowledge.


    Feel free to visit my site :: Pay As You Go Mobile Phones: It Is Really Pros & Drawbacks

    ReplyDelete
  25. Hello I am so grateful I found your weblog, I really found
    you by mistake, while I was looking on Yahoo for something else,
    Nonetheless I am here now and would just like to say thanks a
    lot for a incredible post and a all round entertaining blog (I also love the theme/design), I don't have time to go through it all at the moment but I have saved it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read more, Please do keep up the great work.

    my site: jual kaos polos

    ReplyDelete
  26. Ridiculous story there. What occurred after? Good luck!


    Review my blog post; Obtaining The Trendiest Designs Of Women Of All Ages Dresses On The Net

    ReplyDelete
  27. You should take part in a contest for one of the most useful sites online.
    I will recommend this blog!

    my page Model baju wanita Terbaru

    ReplyDelete
  28. Good day! I simply wish to give you a big thumbs up for the excellent information you've got here on this post. I'll be returning to your blog for more soon.


    Also visit my web site: Baju Wanita Online

    ReplyDelete
  29. Good day! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you
    I really enjoy reading your blog posts. Can you recommend any other blogs/websites/forums that go over the same
    topics? Thanks!

    Also visit my homepage: Wholesale Apparel Options For Your Business Enterprise

    ReplyDelete
  30. Very soon this website will be famous amid all blog viewers, due to
    it's good posts

    Here is my web site :: Profitability Of Low Cost T Shirt Printing Businesses

    ReplyDelete
  31. Hi to every one, because I am actually keen
    of reading this blog's post to be updated regularly.
    It consists of good information.

    Also visit my web-site :: model baju wanita

    ReplyDelete
  32. Hi, i think that i saw you visited my web site thus i came to go
    back the desire?.I am trying to in finding things to improve my website!I assume
    its good enough to use a few of your concepts!!



    Also visit my web site ... Outfits Labels Reflecting Wearers Identity

    ReplyDelete
  33. I seriously love your website.. Pleasant colors & theme.
    Did you develop this web site yourself? Please reply back as I'm planning
    to create my own personal site and want to find out where you got this from
    or what the theme is called. Many thanks!

    My website - Advanced Tie Dye Styles

    ReplyDelete
  34. Hi to every body, it's my first pay a quick visit of this website;
    this blog contains amazing and actually good information designed for
    readers.

    Also visit my site :: kaos biru polos

    ReplyDelete
  35. I am not positive the place you are getting your info, however great topic.
    I must spend some time learning much more or figuring out more.
    Thanks for fantastic information I used to be in search of this info for
    my mission.

    Look into my web page grosir kaos polos murah

    ReplyDelete
  36. pc xbox 360 emulator download

    Also visit my web page - xbox 360 emulator free html tutorial download

    ReplyDelete
  37. makasih mas dah sharing artikel pneumatik..thx

    ReplyDelete
  38. terima kasih mas atas sharingnya.
    tak tunggu artikel berikutnya

    ReplyDelete
  39. Terima kasih atas infonya. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. artikel yang bagus dan bermanfaat. Salam sukses

    ReplyDelete

"Yang Copy-Paste, izin yah.! Biar berkah "
Pembaca yang baik. Setelah baca dikomeng. Budayakan Komenk Spontan.